Pages

4 Juli 2014

Menu Penyempurna Verval PD

Kabar gembira bagi para OPS yang sempat kehilangan "Menu Edit" di Verval PD, kali ini pihak PDSP telah memenuhi janjinya untuk mengembalikan menu tersebut beserta menu penyempurnanya "Konfirmasi Data" yang sebelumnya disebut-sebut sebagai approval.
Sesuai janjin pihak PDSP, melalui aplikasi yang telah disempunakan ini nantinya hasil dari Verval PD akan diangkat ke aplikasi Dapidik melalui mekanisme synch sehingga kita tak perlu bingung lagi mencari solusi cara edit data siswa yang terkunci di aplikasi Dapodik.

Tampilan baru Verval PD seperti gambar di atas bisa anda lihat di alamat baru Verval PD (klik di sini), namun demikian saat ini pihak PDSP menyarankan untuk tidak terburu-buru melakukan Verval terlebih dulu karena tampilan baru ini masih dalam uji coba dan proses pembuatan tutorial. "tunggu saja lounching resminya yang disertai tutorial resmi dari PDSP antara hari Senin atau Selasa mendatang". (via Bpk. Taufik Lone)
Sekilas kajian tampilan baru Verval PD sebelum launching tutorial resminya :
Tampilan baru yang dimaksud yaitu terdapat pada menu "EDIT DATA" yang tampak beda dari sebelumnya dan menu baru berlabel "KONFIRMASI DATA".
1. Menu Edit Data
Menu yang belakangan ini sempat menghilang ternyata lebih disempurnakan, selain untuk melakukan edit nama & tanggal lahir siswa pada menu ini kita dapat melakukan edit NISN bagi siswa yang terlanjur memiliki lebih dari 1 NISN.
2. Menu Konfirmasi Data
Menu baru ini merupakan langkah finishing setelah melakukan verval PD yang ditandai dengan berpindahnya data dari menu RESIDU ke menu REFERENSI. tujuan menu ini adalah untuk memastikan kebenaran data khususnya pada NAMA, TEMPAT dan TANGGAL LAHIR, JENIS KELAMIN, NAMA IBU KANDUNG, dan KELAS/TINGKAT.
Proses ini harus dilakukan secara teliti dengan menggunakan perbandingan data baik pada menu pencarian NISN maupun di Dapodik, karena setelah kita melakukan proses ini nantinya NISN yang terdapat pada Residu adalah data yang dianggap paling benar dan NISN yang tidak terdaftar di Residu akan dinonaktifkan. Selanjutnya data yang benar tersebut akan di approv ke data Dapodik melalui proses synch.

CATATAN :
Dalam proses Verval PD kali ini, kita diminta melampirkan bukti dokumen sah terkait data kebenaran siswa tersebut baik berupa Akte kelahiran atau data lain sejenis dalam format jpg/png. Segeralah minta mesin scaner pada Kepala Sekolah Anda. hehee

DOWNLOAD PANDUAN VERVAL PD




0 komentar:

Posting Komentar