Pages

30 Mei 2014

Verval NISN Melalui Sync DAPODIK


Belakangan ini dalam dunia pendidikan ramai diperbincangkan tentang mekanisme Verval NISN yang terdapat di Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), pihaknya meyakinkan bahwa data NISN yang ada di PDSP merupakan hasil Sync Dapodik oleh operator sekolah.

Pada aplikasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik ini menampilkan beberapa kolom aplikasi yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu HOME, REFERENSI, RESIDU, dan SYSTEM.



Penjelasan fungsi pada aplikasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik :

1. HOME menampilkan informasi tentang aktifitas verbal peserta didik se Indonesia yang dilakukan oleh OPS dan ditampilkan dalam bentuk diagram
2. REFERENSI : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data Peserta Didik dan NISN yang dikategorikan telah VALID antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP.
3. RESIDU : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data NISN Peserta Didik yang memerlukan proses verifikasi dan validasi peserta didik karena data peserta didik tersebut berbeda antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP sehingga dibutuhkan tindakan verifikasi dan validasi dari OPS sekolah yang bersangkutan. Untuk melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik ini, pada kolom RESIDU telah disiapkan 2 tombol verifikasi, yaitu tombol
MACTH (untuk data yg sudah sesuai dengan data di DAPODIKDAS dan telah memiliki NISN namun PD tersebut mengalami perbuhan data sehingga berbeda dgn data yg ada di server PDSP) dan tombol NOT MACTH (untuk PD yang belum memiliki NISN)
4. SYSTEM : kolom ini memiliki tombol logout yang digunakan ketika penggunakan aplikasi ini akan keluar

Bagi OPS yang mau ngecek NISN masing-masing Sekolah

klik Verifikasi dan validasi Peserta Didik

Baca juga Cara Verval Peserta didik di sini

0 komentar:

Posting Komentar